Jumat, 09 Juli 2010

Evolusi Audit Internal (Perkembangan Internal Audit - 01)

Audit internal telah berkembang dari sekedar profesi yang hanya memfokuskan diri pada masalah – masalah teknis akuntansi menjadi profesi yang memiliki orientasi memberikan jasa bernilai tambah bagi manajemen. Pada awalnya, audit internal berfungsi sebagai “adik” dari profesi auditor eksternal, dengan pusat perhatian pada penilaian atas keakuratan angka – angka keuangan. Namun saat ini audit internal telah memisahkan diri menjadi disiplin ilmu yang berbeda dengan pusat perhatian yang lebih luas.

Audit internal modern menyediakan jasa – jasa yang mencakup pemeriksaan dan penilaian atas control, kinerja, resiko dan tata kelola (governance) perusahaan public maupun privat. Aspek keuangan hanyalah salah satu aspek saja dalam lingkup pekerjaan audit internal. Dulunya auditor internal pernah dianggap sebagai “lawan” pihak manajemen, sekarang auditor internal mencoba menjalin kerja sama yang produktif dengan klien melalui aktivitas – aktivitas yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Karena pergeseran pandangan diatas fungsi auditor internal ini baru terjadi akhir – akhir ini saja, maka audit internal yang memiliki aspek kerja yang lebih luas ini sering disebut sebagai audit internal modern.

Dikutip dari : Sawyer’s, Internal Auditing, Edisi 5.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar